Sumber energi listrik adalah suatu benda atau alat yang dapat menghasilkan listrik. Sumber energi listrik di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Elemen Kering (Baterai)

Elemen kering disebut juga batu baterai. Bagian-bagian elemen kering adalah kutub negatif (anoda), kutub positif (katoda), dan elektrolit sama dengan elemen volta. Katoda elemen kering memakai batang karbon yang di atasnya di tutup dengan logam kuningan. Sedangkan, anoda elemen kering berupa lempengan seng.

Elektrolit pada elemen kering, yaitu campuran salmiak dan batu kawi yang berbentuk pasta maupun serbuk arang.

2. Akumulator (accu/aki)

Akumulator termasuk elemen basah. Bagian-bagiannya terdiri atas: Bejana kecil terbuat dari karet atau plastik, anoda menggunakan timbal peroksida, katoda menggunakan timbal yang mempunyai pori dengan warna abu-abu dan elektrolit menggunakan larutan sulfat (air aki).

Sesudah akumulator dipakai beberapa lama, timbal dan timbal peroksida berubah menjadi asam sulfat. Akibatnya, kemampuan akumulator menjadi berkurang. Kemampuan akumulator harus diisi kembali dengan cara memasukan arus listrik searah. Peristiwa memasukan arus listrik ke dalam akumulator disebut penyetruman atau pengisian akumulator.

3. Dinamo Sepeda

Pada dinamo sepeda terjadi perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Di dalamnya terdapat magnet yang berbentuk U dan suatu kumparan (lilitan kawat). Kumparan yang berada di dalam magnet akan berputar apabila kepala dinamo dipakai untuk memutarkan magnet yang menyebabkan arus listrik.

4. Generator

Generator adalah pembangkit tenaga listrik berupa dinamo yang besar. Generator terdiri atas kumparan yang diselubungi oleh suatu magnet yang menimbulkan listrik pada generator karena berputarnya magnet akibat gerakan mesin diesel dan turbin.

5. Pembangkit Tenaga Listrik

Energi listrik yang terbesar dihasilkan oleh generator listrik. Generator listrik merupakan dinamo raksasa. Mengapa? Karena dapat membangkitkan tenaga listrik yang begitu besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik di rumah-rumah.

Kategori: IPAKelas 6

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *